Mitra Pembangunan Kabupaten Tambrauw : Upaya Menggapai Cita-cita Kabupaten Konservasi

 Jessica  February 21, 2023  Researcher Notes

Upaya bersama mendorong Tanah Papua yang lebih baik terus diupayakan oleh berbagai pihak termasuk dalam menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan yang benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan bagi orang asli Papua serta pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik dengan menerapkan prinsip kelestarian dan kehati-hatian.

Upaya kolaborasi bersama untuk memperkuat sinergi dan koordinasi terus dilakukan terutama untuk mendorong implementasi prinsip Pembangunan Berkelanjutan. Kabupaten Tambrauw sebagai salah satu wilayah yang berada di Crown Jewel Papua (CJP) memiliki potensi keanekaragaman hayati yang tinggi. Keberadaan sumberdaya alam yang cukup beragam tersebar dari pengunungan hingga wilayah laut, pesisir dan pulau-pulau kecil. Disamping itu, keberagaman budaya dan suku di kabupaten ini memperkuat implementasi dan pengembangan sebagai kabupaten konservasi pertama di Tanah Papua yang mengedepankan konsep pengelolaan kawasan konservasi dan wilayah kelola Masyarakat Hukum Adat (MHA).

Pemandangan di Bukit Sontiri, Kabupaten Tambrauw

Sumber: GoodNews from Indonesia

Pada 2 Februari 2023 dilakukan pertemuan seluruh mitra pembangunan Kabupaten Tambrauw dengan Pemerintah Kabupaten Tambrauw yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Tambrauw. Dalam pertemuan ini dilakukan pemetaan kegiatan dan kontribusi Lembaga non pemerintah yang bekerja di Kabupaten Tambrauw. Hal ini dirasa perlu dilakukan sehingga kegiatan ataupun proyek-proyek yang dilakukan dapat bersinergi dengan program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Tambrauw. Selanjutnya dokumen ini akan diintegrasikan ke dalam Master Plan Kabupaten Konservasi dan Masyarakat Adat yang sudah disusun oleh Tim secara bersama-sama. Dokumen Master Plan ini akan menjadi bagian utama dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Tambrauw 2025-2029 dan dokumen perencanaan pembangunan lainnya di kabupaten Tambrauw.

Pemerintah Kabupaten Tambrauw sendiri sangat terbuka terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mitra pembangunan Kabupaten Tambrauw. Dan seluruh mitra pembangunan akan diikutkan dalam proses Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Tambrauw. Dengan demikian, di masa mendatang program dan kegiatan yang dilakukan oleh para mitra dapat bersinergi dengan program pemerintah daerah sehingga cita-cita Kabupaten Tambrauw sebagai Kabupaten Konservasi dapat terwujud dan memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat lokal dan masyrakat adat.

Komplek Perkantoran Royal Palace Blok C-3
Jl. Prof. Dr. Soepomo,SH Kav.178A, Jakarta Selatan 12870